Selasa, 26 September 2017

Cara Budidaya Ikan Komet

Filled under:


Ikan komet merupakan ikan hias yang masih sekeluarga dengan ikan mas koki. Yang membedakan dari keduanya adalah ukuran tubuhnya. Jika ikan mas koki mempunyai tubuh yang bulat atau gendut, maka ikan komet memiliki bentuk tubuh yang ramping. Secara warna kedua ikan ini hampir sama sehingga akan sulit bagi orang awam jika melihat bentuk keduanya.
Jika melihat potensi pasar pada saat ini, ikan komet masih banyak dicari sehingga permintaan pasar hingga saat ini masih stabil.

Budidaya ikan komet memang masih sangat menjanjikan apalagi  jika dilakukan dengan cara yang sesui sehingga dapat membuahkan hasil yang melimpah pula.
Secara daya tahan tubuh, ikan komet memang lemah jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Ikan komet ini biasanya hidup di air yang yang tenang dan hidup secra berkelompok.

Pearisapan Untuk Kolam



Untuk budidaya, ikan komet membutuhkan persiapan kolam yang khusus. Kolam yang kebanyakan dari aquarium namun ada juga yang menggunakan kolam buatan yang terbuat dari semen.
Biasanya aquarium yang digunakan berukuran standart yaitu ukuran 60 cm dan memastikan bahwa aquarium itu benar-benar bersih dari penyakit/kuman.
Kemudian jika mengisi air aquarium, sebaiknya mendiamkan air tersebut selama kurang lebih 1 hari. Jika menggunakan aquarium diwajibkan untuk menggunakan filter air agar ikan komet memiliki sirkulasi udara yang cukup. Karna ikan komet juga tergolong ikan yang cukup lemah. Kecuali jika menggunakan kolam buatan dari semen meskipun tidak menggunakan filter, ikan masih bisa untuk bertahan hidup. Kemudian jika menggunakankolam buatan dari semen, sebaiknya untuk memberi tanaman air yang bisa digunakan untuk tempat perlindungan bagi ikan itu sendiri.

Pemupukan Dasar Kolam


Untuk budidaya ikan komet skala besar, pemupukan dasar kolam juga sangat perlu dilakukan, agar ikan komet mempunyai nutrisi yang cukup. Namun tidak dianjurkan untuk ikan komet yang masih kecil karena ikan komet yang masih kecil mempunyai daya tahan tubuh yang begitu lemah, Sebaiknya jika ingin budidaya ikan komet yang masih kecil sebaiknya menggunakan aquarium sebagai tempatnya agar terhindar dari penyakit.

Penebaran Benih 


Benih ikan komet biasanya didapat dari hasil pemijahan secara alami namun jika pemijahan itu dilakukan secara alami biasanya memiliki hasil produktifitas yang kurang memuaskan. Beda dengan pemijahan secara buatan, Jika pemijahan ikan komet dilakukan secara buatan bisa menimgkatkan hasil produktifitas yang banyak. Pejantan ikan komet dapat diketahui dengan cara dilihat bentuk bintik-bintiknya yang menonjol dibagian dada. Untuk bisa mengetahui bahwa ikan tersebut siap dipijah atau belum bisa dilakukan dengan cara memijat bagian perut indukan betina. Jika indukan ikan komet sudah mencapai kematangan gonad biasanya akan ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna kuning dari indukan betina dan cairan berwana putih dari indukan jantan. Setelah selasai proses pemijahan, indukan betina biasanya akan meletakkan telur secara sembarangan. Maka dari itu jika ikan komet sudah mengeluarkan telurnya segara untuk dipindahkan ke tempat penetasan. Telur ikan komet akan menetas dalam dua hari dan kemudian menjadi larva.

Pemberian Pakan


Pakan biasanya baru dapat diberikan kepada anakan ikan komet setelah berumur 15 hari yaitu setelah cadangan makanan pada anakan ikan komet telah habis. Untuk keperluan budidaya pemberian pelet dapat dilakukan setelah ikan komet berumur 1 bulan, Selain itu ikan komet juga dapat diberikan makanan berupa remahan roti dan juga meniran.

Pemanenan Ikan
Ikan komet biasanya dipanen sesuai permintaan pemesan ikan komet, terkadang ada yang memesan dalam bentuk benih dan ada juga yang memesan dalam bentuk sudah siap untuk dipelihara. Yang perlu diperhatikan yaitu ikan komet termasuk ikan yang mudah setres sehingga ketika proses pengangkutan harus dilakukan secara hati-hati dan hendaknya dilakukan secara terbuka saja.
Begitu saja ulasan yang bisa saya bagikan ke anda semua. semoga bermanfaat dan silahkan untuk mencoba.



1 komentar:

  1. terimakasih kak informasinya sangat menarik, jangan lupa juga kunjungi balik website resmi kami http://bit.ly/2KQ1J6n

    BalasHapus